Author Guidelines

Ketentuan Pengiriman Naskah Jurnal

  1. Format naskah yang akan dikirim disesuaikan dengan Template Jurnal Suluah Pasaman.
  2. Pengirimian naskah dilakukan secara online melalui website Suluah Pasaman dengan alamat https://e-journal.stai-ydi.ac.id/index.php/suluhpasaman/about/submissions  atau naskah jurnal bisa dikirim ke e-mail ejournal@stai-ydi.ac.id
  3. Penulis wajib mencantumkan data diri singkat disertai no.hp dan alamat e-mail aktif.

Pedoman Penulisan Jurnal Suluah Pasaman

  1. Naskah merupakan tulisan ilmiah dalam bentuk narasi yang berupa artikel ilmiah hasil penelitian atau gagasan konseptual yang berkaitan dengan Pendidikan dan Dakwah Agama Islam.
  2. Naskah merupakan karya sendiri (tidak plagiat) dan belum pernah dipublikasikan di media lain (surat pernyataan).
  3. Artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia. Sistematika penulisan artikel adalah judul; nama penulis, abstrak disertai kata kunci; pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, dan daftar pustaka.
  4. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf kapital di tengah-tengah, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.
  5. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar akademik, disertai nama, alamat lembaga asal, dan alamat e-mail, ditempatkan di bawah judul artikel. Dalam hal naskah ditulis oleh tim, penyunting (editor) hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat korespondensi atau e-mail, dengan style tulisan Times New Roman, ukuran huruf 12 point.
  6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak maksimum 250 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata atau gabungan kata. Abstrak berisi latar belakang penelitian, tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan (Abstrak versi bahasa Inggris ditulis dengan cetak miring, 1 spasi).
  7. Aturan pengutipan rujukan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun: halaman). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan, dan dibubuhi tanda kutip, Contoh: “….” (Brown, 2017: 37).
  8. Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis dan kronologis.