Plagiarism Checking

PENGECEKAN PLAGIASME DALAM JURNAL OJS

Jurnal kami sangat memperhatikan integritas akademik dan mencegah praktek plagiarisme. Oleh karena itu, kami menerapkan proses pengujian plagiarisme yang cermat untuk memastikan bahwa setiap artikel yang masuk ke dalam jurnal telah memenuhi standar keaslian dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual.

Berikut adalah langkah-langkah yang kami lakukan dalam proses pengujian plagiarisme:

  1. Penggunaan Pendeteksi Plagiarisme: Artikel yang masuk akan diperiksa menggunakan deteksi plagiarisme turnitin yang membantu mengidentifikasi kemungkinan kesamaan teks dengan sumber lain, baik dari publikasi ilmiah maupun sumber-sumber online. Deteksi plagiarisme ini membantu kami mengungkapkan adanya potensi plagiarisme dalam artikel yang diajukan.
  1. Analisis Hasil: Setelah artikel melewati proses pengujian plagiarisme, editor akan menganalisis hasil yang dihasilkan. Mereka akan memeriksa kesamaan teks dengan sumber-sumber yang terdeteksi dan mengevaluasi apakah ada tindakan plagiarisme yang signifikan.
  1. Laporan Plagiarisme: Jika ditemukan tindakan plagiarisme dalam artikel, editor akan menyusun laporan plagiarisme yang berisi rincian tentang teks yang terdeteksi serupa dengan sumber lain. Laporan ini akan disampaikan kepada penulis bersama dengan penjelasan mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk memperbaiki masalah plagiarisme.
  1. Tindakan yang Diambil: Jika artikel terindikasi melakukan plagiarisme, penulis akan diminta untuk melakukan revisi dengan menghilangkan atau memberikan atribusi yang tepat terhadap konten yang dipermasalahkan. Penulis akan diberikan waktu yang ditetapkan untuk memperbaiki masalah plagiarisme sebelum artikel tersebut dapat diterbitkan.
  1. Konsekuensi Plagiarisme: Jika tindakan plagiarisme yang dilakukan penulis dianggap serius dan tidak dapat diperbaiki, artikel tersebut dapat ditolak untuk diterbitkan.

Kami menghimbau para penulis untuk memastikan bahwa artikel yang mereka ajukan adalah hasil karya orisinal mereka sendiri dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual orang lain. Dalam upaya kami untuk menjaga standar keaslian dan kualitas, kami melibatkan proses pengujian plagiarisme yang berperan penting dalam menjaga integritas akademik dan menjaga kepercayaan pembaca dan peneliti terhadap jurnal kami.

Kami berharap penulis dapat memahami pentingnya menghindari plagiarisme dan bekerja sama dengan kami untuk menjaga kualitas dan integritas artikel yang dipublikasikan dalam jurnal kami.