Publication Ethics Statement

Panduan etika publikasi ini bertujuan untuk memastikan integritas, kejujuran, dan kualitas konten yang diterbitkan dalam jurnal kami. Kami mengharapkan semua penulis, editor, dan reviewer untuk mematuhi standar etika publikasi yang ditetapkan di bawah ini:

1. Etika Penulis

  • Orisinalitas Karya
    Penulis bertanggung jawab untuk menyajikan hasil penelitian atau karya mereka yang orisinal. Semua sumber yang digunakan harus dikutip dengan benar dan informasi yang diterbitkan sebelumnya harus disampaikan secara akurat.

  • Plagiarisme
    Penulis dilarang melakukan plagiarisme, yaitu mengambil atau mengunggah kembali karya orang lain tanpa izin atau tanpa memberikan pengakuan yang tepat.

  • Penggabungan dan Duplikasi
    Penulis harus menghindari penggabungan atau duplikasi data yang sama dalam beberapa artikel. Jika ada penggunaan data yang sama atau tumpang tindih, penulis harus memberikan penjelasan yang jelas dan merujuk ke artikel terkait.

2. Etika Editor

  • Keputusan Penerimaan
    Editor bertanggung jawab untuk membuat keputusan penerimaan berdasarkan kualitas, orisinalitas, dan relevansi konten yang dikirimkan. Keputusan tersebut harus dilakukan tanpa mempengaruhi ras, jenis kelamin, agama, atau afiliasi institusional penulis.

  • Kerahasiaan
    Editor harus menjaga kerahasiaan informasi yang berkaitan dengan artikel yang sedang dievaluasi. Mereka tidak boleh menggunakan atau mengungkapkan isi dari artikel tersebut kecuali kepada penulis, reviewer, atau pihak yang berwenang dalam proses penelaahan.

3. Etika Reviewer

  • Keterampilan dan Objektivitas
    Reviewer harus memiliki pengetahuan yang relevan dan kompetensi yang memadai untuk menilai artikel secara obyektif. Komentar dan saran harus disampaikan dengan jujur, sopan, dan membangun untuk membantu penulis meningkatkan kualitas artikel.

  • Konflik Kepentingan
    Jika reviewer memiliki konflik kepentingan yang dapat mempengaruhi penilaian objektif, mereka harus memberitahukan editor dan menolak melakukan penelaahan.

4. Etika Penerbitan

  • Peer Review
    Jurnal Suluah Pasaman STAI-YDI Lubuk Sikaping menerapkan sistem penelaahan sejawat (peer review) yang obyektif untuk menilai artikel yang dikirimkan. Proses penelaahan yang adil dan terbuka diikuti untuk memastikan kualitas dan keandalan artikel yang diterbitkan.

  • Integritas Publikasi
    Jika terdapat kekeliruan atau ketidakakuratan dalam artikel yang diterbitkan, penerbit akan bekerja sama dengan penulis untuk melakukan retaksi, koreksi, atau penambahan klarifikasi yang sesuai.

Kami berharap bahwa panduan etika publikasi ini akan membantu memelihara integritas dan kualitas ilmiah dalam jurnal kami. Kami menghargai kontribusi yang berharga dari penulis, editor, dan reviewer dalam menciptakan konten yang bermakna dan signifikan bagi komunitas akademik.