ANALISIS IDEOLOGI AUGUSTE COMTE (POSITIVISME DAN IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM)

Authors

  • Yaskur Agil Muzaki UIN Walisongo Semarang
  • Masyithoh UIN Walisongo Semarang
  • Shofa UIN Walisongo Semarang
  • Dwi Rizqi Amelia UIN Walisongo Semarang
  • Nasikhin UIN Walisongo Semarang
  • Mahfud Junaedi UIN Walisongo Semarang
  • Steve Fuller UIN Walisongo Semarang

Keywords:

Auguste Comte's ideology, Positivism, Implementation

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis pemikiran Auguste Comte tentang positivisme dan bagaimana pemikiran ini dapat diimplementasikan dalam konteks Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini adalah metode kepustakaan, yang mengharuskan peneliti untuk merinci dan mengevaluasi sumber-sumber yang relevan dari literatur yang ada. Hasil analisis dari studi ini mengungkap beberapa aspek penting bahwa, 1) Mengetahui bagaimana biografi Auguste Comte, 2) Pemikiran Filsafat Positivisme Auguste Comte, 3) Kontribusi Pemikiran Positivisme Auguste Comte dan Implementasinya di dalam Islam.

Memahami biografi Auguste Comte Auguste Comte adalah seorang filsuf Prancis yang hidup pada abad ke-19. Ia dikenal sebagai bapak positivisme, sebuah pendekatan filosofis yang menekankan pentingnya pengamatan ilmiah dan metode positif dalam memahami dunia. Comte mengembangkan sistem filosofis yang mengklaim bahwa manusia harus melepaskan keyakinan metafisika dan agama dalam upaya memahami dunia. Pemikiran filsafat positivisme Auguste Comte, mencakup tiga tahap perkembangan ilmu pengetahuan manusia: tahap teologis, tahap metafisika, dan tahap positif. Pada tahap positif, Comte menekankan pentingnya metode ilmiah dan pengamatan empiris dalam pemahaman dunia. Kontribusi pemikiran positivisme Auguste Comte terhadap Islam, Meskipun pemikiran Comte secara eksplisit menolak agama dan metafisika, ada elemen-elemen positivisme yang dapat diterapkan dalam konteks Islam. Misalnya, pendekatan empiris dalam memahami fenomena alam dapat digunakan untuk mendukung eksplorasi ilmiah dalam agama, seperti studi tentang al-Qur'an dan Hadis. Selain itu, pemikiran positivisme juga dapat memotivasi upaya untuk menyelidiki masalah sosial dan budaya dalam masyarakat Islam dengan metode ilmiah.

Studi ini memiliki dampak positif terhadap perkembangan filsafat, khususnya dalam konteks pemikiran Auguste Comte. Ini menunjukkan bahwa pemikiran filsuf Barat dapat berdampingan dengan pemikiran Islam dalam kerangka kolaborasi intelektual. Pemahaman positivisme Comte dapat memperkaya perspektif filsafat Islam dengan memperkenalkan pendekatan ilmiah yang lebih kuat dalam pemahaman agama dan masalah sosial. Dengan demikian, studi ini memberikan wawasan penting tentang potensi dialog antara filsafat Barat dan Islam untuk memajukan pemikiran dan penelitian yang lebih mendalam tentang agama, ilmu pengetahuan, dan masyarakat.

Kata Kunci: Ideologi Auguste Comte, Positivisme, Implementasi.

References

Arisandi, Herman. ( 2015) “Pintar Pemikiran Tokoh-Tokoh Sosiologi Dari Klasik Sampai Modern: Biografi, Gagasan, Dan Pengaruh Terhadap Dunia”. IRCiSoD.

Fata, Ahmad Khoirul, and Siti Mahmudah Noorhayati. (2016)"Sekularisme dan Tantangan Pemikiran Islam Kontemporer." Madania: Jurnal Kajian Keislaman 20.2: 215-228.

Hamdan Adib. (2021) "Transformasi Pendidikan Islam Perspektif Hukum Tiga Tahap Auguste Comte." Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 2.2: 40-50.

Irham Nugroho. (2016) "Positivisme Auguste Comte: analisa epistemologis dan nilai etisnya terhadap sains." Cakrawala: Jurnal Studi Islam. 11.2: 167-177.

James Danandjaja. (2014) "Metode penelitian kepustakaan." Antropologi Indonesia .

M. Chabibi. (2019) ”Hukum Tiga Tahap Auguste Comte dan Kontribusinya terhadap Kajian Sosiologi Dakwah”.

NALAR: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, 3(1), 14-26.

Padang, Rebyency Banne. "Aliran Positivisme Auguste Comte: Hubungannya dengan Isu Teologi dan Pengaruhnya dalam Budaya Kontemporer."

Udi Mufradi Mawardi. (2009) "Auguste Comte Dan Ide Positivismenya." Al-Fath 3.1: 32-39.

Ulfatun Hasanah. (2019) "Kontribusi Pemikiran Auguste Comte (Positivisme) Terhadap Dasar Pengembangan Ilmu Dakwah." Al-I'lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2.2: 70-80.

Downloads

Published

2023-10-27